Apakah ada yang mengalami seperti saya? Apa?

Begini, aktifitas saya yang sehari-hari banyak berhubungan dengan tulis-menulis teks arab. Begitu juga me-layout (maklum bekerja di bidang penerbitan dan percetakan). Ketika menkonvert ke PDF, kendala yang saya dapati untuk teks arab tidak terbaca secara menyeluruh. Hanya font tertentu yang bisa, seperti font naskhi dan arial. Padahal di Ms. Word 2007 sudah ada fitur Save As ke format PDF. Saya mencoba dengan program PDF lainnya. Namun hasilnya sama, untuk teks arab tidak bisa terbaca dengan baik.

Baru kemarin saya menemukan jawabannya setelah mengutak-atik mbah Google. Alhamdulillah ketemu. Ternyata harus menginstal fitur tambahan dari microsoft, yaitu Microsoft Save as PDF or XPS. Caranya sebagai berikut :

1. Download terlebih dahulu filenya di link ini.

2. Setelah download, install

3. Setelah itu otomatis akan muncul di menu Save As (lihat gambar)

 to pdf

Sekarang saya lancar jaya menkonvert ke PDF tanpa instal program tambahan. Demikian tips dari saya. Trim’s mbah Google.

