Dibawah ini saya jelaskan langkah demi langkah supaya komputer anda terbebas dari serangan virus shortcut sehingga mengakibatkan banyaknya shortcut di hardisk anda. Selain itu biasanya virus shortcut menyebabkan folder atau directory di hardisk / flashdisk anda lenyap disembunyikan.

Anda tidak perlu bingung dan kaget, pada dasarnya data anda ada tapi tidak kelihatan, attribut foldernya saja yg di set hiden dan system oleh si virus. Kalo anda belom yakin silahkan masuk menu tool option dari windows explorer, ceklist show hidden file & folder , Buang ceklist pada hide protected operating system. nah kan sekarang bisa keliatan folder dari data anda.

Ok kita langsung saja , Untuk membersihkan Virus shortcut ini diperlukan SMADAV  silahkan anda download lalu instalkan Smadavnya lalu scan komputer atau flashdisk anda dengan smadav. Hal ini dilakukan untuk membuang seluruh virus shortcut pada komputer anda. Kalau proses scan sudah berakhir dan nampak jumlah virus yg menginfeksi komputer anda maka lanjutkan dengan menekan tombol Fix All pada smadav. Coba Anda perhatikan komputer anda pasti sudah tidak ada shortcut yang memenuhi hardisk anda.

Komputer Anda sekarang sudah terbebas virus Shortcut.. Tapi Folder dari data anda masih beratribut hidden dan system. Sekarang anda masuk ke command prompt ( Klik Start + Run , ketik CMD terus Enter ). Misal Flashdisk Anda yg datanya gak kelihatan berada pada drive F: maka pindah drive menuju drive F : ( ketik cd F:  lalu Enter ). setelah itu ketikan attrib -H -S /S /D terus Enter . Tunggu beberapa saat maka folder anda attributnya sudah normal kembali . sekarang coba anda lihat … WOW datanya ada lagi …. Terimakasih SMADAV.

 

Original web : www.aditiaweb.com