Cover Dayat A6 c

Mempelajari ilmu syariat adalah sebuah keniscayaan bagi setiap muslim. Karena Nabi SAW pernah bersabda, “Barangsiapa menginginkan kebahagiaan akhirat, maka dia harus punya ilmunya, dan barangsiapa menginginkan kebahagiaan dunia, maka dia pun harus punya ilmunya”. Mempelajari ilmu syariat Islam tidak dapat dipisahkan dari literatur-literatur Islam klasik yang lebih dikenal di dunia pesantren dengan sebutan “Kitab Kuning”. Tidak semua santri atau pengkaji yang mampu memahami dengan baik istilah-istilah yang digunakan oleh para ulama klasik di dalam kitab-kitab mereka. Oleh karenanya, tidak heran jika sering kita temukan perbedaan -kalau tidak ingin dikatakan kesalahan- dalam beberapa buku saat menerjemahkan istilah-istilah dari kitab-kitab ulama klasik.

Terbitnya buku “Kamus Istilah-Istilah Takaran dan Timbangan Dalam Syariat Islam” yang merupakan buku terjemahan dari kitab yang ditulis oleh ulama besar Mesir Syekh Ali Gomah mantan Mufti Mesir (2004-2013), merupakan sebuah kabar gembira bagi para penuntut ilmu syariat. Kamus ini akan sangat membantu setiap insan akademisi dalam memahami istilah-istilah takaran, timbangan, ukuran panjang, dan beberapa persoalan agama lainnya yang sering muncul di dalam literatur-literatur Islam klasik.

Buku ini diterbitkan oleh Pustaka Azhar Syarif (PAS) yang bermarkas di kota Malang Jawa Timur. Ukuran buku yang relatif kecil memberikan nilai plus karena memudahkan untuk membawa dan menyimpannya. Disamping itu, meskipun penulis buku ini bermazhab Syafii, namun beliau menyajikan kupasan setiap pembahasan di dalam buku ini dari sudut pandang empat mazhab sunni (Hanafi, Maliki, Syafii, dan Hambali). Semakin lengkap, karena di akhir buku ini, penulis menyertakan tabel yang merupakan ringkasan dari isi buku. (elma).

——————————————————————————————————————————————————————-

Keterangan Buku :

Judul Buku : Kamus Istilah-Istilah Takaran dan Timbangan dalam Syariat Islam (Al-Makayil wa Al-Mawazin Asy-Syar’iyyah ) | Penulis : Syekh Ali Gomah | Penerjemah : M. Hidayatulloh, Lc. | Penerbit : Pustaka Azhar Syarif | ISBN : 978-979-762-158-2 | Cetakan : Pertama, Rabi’ul Akhir 1434 H / Februari 2013 M | Ukuran : 10,5 x 14 cm | Jumlah Halaman : 132 halaman | Harga : Rp. 16.000,-

Sumber : http://www.facebook.com/pustaka.azharsyarif