22062013726Tuntutan zaman dan persaingan dalam dunia modern, terkadang mengabaikan nilai-nilai akhlak. Banyak kita saksikan melalui televisi, tawuran antar pelajar, tindakan amoral antara murid dengan murid, murid melawan guru dan banyak peristiwa lain. Semua ini menimbulkan keprihatinan bagi kita semua. Gagalnya pendidikan karakter yang terjadi selama ini, disebabkan karakter yang diajarkan minus nilai keimanan dan konsep adab. Sehingga proses pembangunan karakter tersendat bahkan hilang sam sekali.

Untuk membentuk penuntut ilmu berkarakter dan beradab, maka pendidikan harus mengarahkan target pendidikan kepada pembangunan individu yang memahami tentang kedudukannya, baik kedudukan di hadapan Tuhan, di hadapan masyarakat dan di dalam dirinay sendiri.

Buku dengan judul “Pendidikan Karakter Ala Pesantren” merupakan terjemah adaptif dari kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim karya Hadlrotus syaikh K.H. Hasyim Asy’ari. Pembahasan pendidikan karakter ala pesantren yang diuraikan dalam buku ini diharapkan dapat menghasilkan pribadi-pribadi pelajar, orang alim maupun pendidik yang memiliki karakter unggul. Karakter unggul tersebut terbukti nyata dalam pergaulan sehari-hari antara pelajar dengan pendidik, baik dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM) maupun di luar KBM. Lebih dari itu, karakter unggul tersebut juga ditujukan pada sarana-prasarana pendidikan, terutama buku-buku pelajaran atau kitab.

Terbitnya buku ini diharapkan bisa memberikan referensi, khususnya bagi santri dan pelajar pada umumnya, tentang bagaimana seharusnya menjadi penimba ilmu, menghormati guru, menghormati ilmu dan hal-hal lain yang berhubungan dengan ilmu.

——————————————————————————————————————-

Judul Buku : Pendidikan Karakter Ala Pesantren, Terjemah Adaptif kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim | Penulis : K.H. Hasyim Asy’ari | Penerjemah : Dr. Rosidin, M.PdI. | Penerbit : Litera ulul Albab Malang | ISBN      : 978-602-195-846-9 | Cetakan : Pertama, Mei 2013| Ukuran : 14 cm x 21 cm | Jumlah Halaman : xii + 182 halaman | Harga : 25.000